Minggu, 04 November 2012

ADA “SESUATU” DI LAMONGAN


Lamongan adalah sebuah kabupaten di propinsi Jawa Timur. Kabupaten yang mempunyai lambang “Bandeng Lele” ini berbatasan  dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di sebelah selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di sebelah barat. Kabupaten Lamongan sebelumnya tidak terkenal sebagai destinasi wisata, hingga pada Tahun 2004 berdirinya objek wisata Wahana Bahari Lamongan atau biasa disingkat  WBL, menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Lamongan.  Saya sekeluarga pun telah membuktikan sendiri pesonanya di bulan September 2009 silam.
Lokasi wisata WBL mudah dijangkau karena letaknya tepat di pinggir Jalan Raya Daendels, Desa Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan,  atau satu jam perjalanan arah utara kota Lamongan dan satu setengah jam arah barat kota Surabaya. Tempat wisata ini merupakan hasil pengembangan dari objek wisata Pantai Tanjung Kodok.  Entah mengapa pantai ini dinamakan Tanjung Kodok, tapi yang jelas tempat wisata ini dicirikan dengan keberadaan patung-patung kodok berwarna hijau yang pandai bermain alat musik. Kami pun tak lupa menyempatkan diri berpose bersama patung-patung kodok itu.
WBL memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata dengan banyak wahana lainnya di dalam areal seluas kurang lebih 17 hektar, dan siap memuaskan wisatawan dengan konsep one stop service yang dibuka mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB setiap harinya.  Mengapa one stop service? Karena di dalam area wisata ini juga tersedia berbagai fasilitas, seperti pasar jajanan/hidangan, pasar wisata yang menjual berbagai suvenir, pasar buah, sayur, dan ikan serta hewan piaraan lainnya seperti kelinci dan burung, yang dibuka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Cukup capek juga saat saya mengelilingi pasar yang lumayan luas ini.
Fasilitas umum juga lengkap tersedia, seperti mushola, klinik, ATM, tempat ibu menyusui, toilet yang cukup bersih dan banyak, serta tempat parkir yang memadai. Berbagai fasilitas wisata pun ada, di antaranya adalah arena ketangkasan, insektarium, kolam renang air tawar, kolam renang air laut dengan pantai pasir putih buatan, bumper car, kano, long boat, planet kaca, sarang bajak laut, arena pacuan kuda, sirkuit gokart, dan lain-lain. Tetapi, bagi saya, daya tarik yang paling mempesona adalah pemandangan lepas pantai ke Laut Jawa di sebelah utara WBL. Pantai ini sangat landai dengan ombak cukup tenang, karena  merupakan suatu teluk kecil yang kemudian diberi semacam pembatas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tempat yang nyaman dan aman untuk berkano dan arena bermain air bagi anak-anak.  Sungguh asyik berkano di kala sore sambil menikmati datangnya semburat-semburat senja di pantai ini. Anak –anak saya pun terlihat riang dan sangat terkesan.
Bagi yang ingin menikmati suasana pantai Tanjung Kodok di waktu malam dan segarnya udara pantai di pagi hari, maka bisa bermalam di dalam lingkungan WBL karena WBL terhubung langsung dengan Tanjung Kodok Beach Resort. Resort yang berada di dalam area WBL ini menawarkan suasana yang menyenangkan untuk menginap dengan berbagai fasilitas, seperti ruang rapat, layanan laundry, pusat bisnis, tempat parkir mobil dan juga layanan kamar yang bagus dan berkualitas tinggi. Selain itu, area wisata ini juga menjadi satu paket dengan zoo  atau kebun binatang mini dan Gua Maharani yang terletak sekitar 300 meter di sebelah selatan area Tanjung Kodok. Sayangnya kami terlalu asyik dengan pesona WBL sehingga tidak sempat menengok Gua Maharani dan zoo.

Bagaimana dengan tiket masuk? Tiket masuk dibedakan antara week day (Senin-Kamis) dan week end (Jumat-Minggu). Jika ingin mendapatkan harga murah, maka week day menjadi pilihan tepat untuk berkunjung ke lokasi wisata ini, karena selisih harga antara week day dan week end bisa mencapai 10 ribu rupiah per orang. Lumayan kan? Selain itu, jika ingin menikmati WBL, Zoo dan Gua Maharani sekaligus, maka lebih baik membeli tiket yang satu paket sekaligus karena akan lebih murah. Cobalah bandingkan, untuk harga tiket masuk WBL saja kalau week day adalah 50 ribu, sedangkan untuk week end adalah 60 ribu rupiah per orang. Tiket masuk ke Zoo dan Gua Maharani adalah 25 ribu untuk week day dan 30 ribu rupiah per orang untuk week end. Nach, kalau membeli tiket yang satu paket, yaitu paket WBL, Zoo dan Gua Maharani sekaligus, maka untuk week day adalah 65 ribu dan untuk week end adalah 80 ribu rupiah per orang. Harga tiket ini adalah harga ter-update saat artikel ini saya tulis. Menurut saya, harga tersebut imbang dengan kepuasan batin yang akan kita dapatkan setelah me-refresh pikiran kita di area wisata ini.  Selain itu, melihat keceriaan anak-anak saya saat menikmati objek wisata ini, adalah kebahagiaan yang luar biasa bagi saya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar